Lewat IEMS 2024, BRIN Berkomitmen Dukung Industri Kendaraan Listrik Nasional


Jakarta Forum - Jakarta, 28 April 2024 - Dalam puncak peringatan ulang tahun Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang ketiga, pada Minggu (28/4/2024), di Kawasan Thamrin, Jakarta, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko secara resmi menggelar Kick Off Indonesia Electric Motor Show 2024 (IEMS 2024). Seperti tahun 2023, gelaran IEMS kelima kalinya ini, kembali diintegrasikan dalam event Indonesia Reseach and Innovation Expo 2024 (InaRI Expo 2024), yang merupakan rangkaian acara bagian dari Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-29 yang diperingati sejak tanggal 10 Agustus 2024.

IEMS 2024 merupakan bentuk dukungan BRIN bersama perusahaan, pemangku kepentingan, produsen kendaraan listrik dan industri komponennya untuk mendorong perkembangan dan inovasi tentang kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia. Selain pameran, dalam acara ini akan digelar Pameran, Seminar, Product Presentation, Workshop, Test Drive & Ride Kendaraan Listrik, dan Konvoi Kendaraan Listrik “Langit Biru”. Acara ini juga menjadi platform untuk melakukan penjualan atau transaksi kendaraan listrik. 

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko, mengatakan, IEMS bertujuan untuk mengakselerasi pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan menjadi wadah bagi para pelaku industri kendaraan listrik dan komponennya untuk terus berkomitmen dalam mensosialisasikan inovasi dan teknologi kendaraan listrik terkini kepada masyarakat Indonesia. “Terkait hal itu, BRIN mengajak seluruh stakeholders, produsen, industri dan perusahaan pendukung kendaraan listrik berbasis baterai (full electric vehicle) untuk berpartisipasi menyukseskan IEMS 2024,” ujar Handoko, saat melakukan Kick Off  IEMS 2024, di Kawasan BRIN Thamrin, Jakarta, Minggu (28/4/2024).

IEMS 2024 yang akan dihelat pada 8-11 Agustus 2024, bertempat di Gedung ICC, Kawasan Sains dan Teknologi Soekarno, BRIN Cibinong, memiliki konsep pameran indoor-outdoor dengan Hall Gedung ICC sebagai pusat dari seluruh kegiatan IEMS 2023. “Langkah ini merupakan terobosan dari BRIN sebagai pendukung utama dalam upaya mengedukasi masyarakat tentang peran penelitian dalam mendukung berbagai program pembangunan nasional dalam upaya meningkatkan akses masyarakat dan stakeholder untuk berkolaborasi dengan para peneliti BRIN, sperti inovasi kendaraan listrik,” ucap Handoko.

Dukung Industri Kendaraan Listrik nasional
Handoko menambahkan, perkembangan kendaraan listrik sudah menunjukan geliatnya di Indonesia dan hal ini menjadi titik awal BRIN bersama Promotor (PT MURTILA Promosindo) menyelenggarakan IEMS. “Tentu saja IEMS akan terus kami dorong sehingga menjadi event yang lebih besar dalam skala nasional dan secara spesifik BRIN terus mengakselerasi pertumbuhan dan ekspansi kendaraan listrik, khususnya kendraan listrik berbasis baterai (full electric vehicle) untuk roda dua dan roda empat.” Sambungnya.

Lanjut dia, dalam IEMS 2024 juga akan kembali menggelar Konvoi Kendaraan Listrik “Langit Biru” untuk kendaraan listrik roda dua dan roda empat. “IEMS 2024 juga akan memberikan berbagai  apresiasi atau penghargaan  bagi para peserta pameran sesuai kategori. Hal ini ini untuk mendorong para produsen kendaraan listrik. Sebab produk kendaraan listrik sudah banyak diproduksi oleh produsen lokal. Khususnya untuk roda dua. Apresiasi ini sebagai salah satu upaya  BRIN mendukung agar produk lokal dapat lebih berkiprah di industri kendaraan listrik,” jelas Handoko.

Dalam kesempatan yang sama, Irwan Rahman, Direktur Promosi PT MURTILA Promosindo, menyampaikan, IEMS 2024 sebagai bentuk dukungan terhadap prakarsa pemerintah dalam pembangunan dan pembinaan di sektor transportasi berbasis kendaraan listrik di Indonesia.

“Selain itu, IEMS diharapakn mampu menyediakan ruang bagi pemerintah pusat dan pemerintah daera (pemerintah kota dan pemerintah kabupaten) dalam melakukan pengembang dan perencana pembangunan agar lebih memahami konsep penerapan kendaraan listrik dalam upaya mengurangi emisi gas buang kendaraan,” ujar Irwan.

Dia menambahkan, IEMS juga bertujuan untuk membuka peluang untuk kerjasama antara pemerintah pusat, pemda, industri otomotif nasional, dan industri pendukung kendaraan listrik di Indonesia melalui skema bisnis dan investasi yang saling menguntungkan. “Semoga IEMS 2024 dapat memfasilitasi transfer pengetahuan dan pertukaran teknologi kendaraan listrik, baik di tingkat nasional dan internasional,” imbuh Irwan. (Fix)





Related

Perusahaan 3865217805968569752
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item