KM Logistik Nusantara 4 Milik PT.Pelni Rusak Mesin Ditengah Laut
https://www.jakartaforum.web.id/2021/10/nasib-km-logistik-nusantara-4-belum-ada.html
Jakarta Forum - Batam. Hasil investigasi yang sangat melelahkan dengan jangka waktu hitungan
jam pada akhirnya wartawan Jakarta Forum dan media-media lainnya mendapatkan
hasil yang sangat gemilang, dimana para awak media ini mencari keberadaan KM
Logistik Nusantara 4 menjadi misteri di perairan Natuna kepulauan Batam.
Sangat ironis memang keberadaan kapal tersebut setalah di lihat langsung
oleh para awak media, dengan beberapa kerusakan yang diakibatkan adanya
pergantian oil yang tidak sesuai dengan regulasinya.
Sejak Juli 2021 kapal yang berangkat dari Pelabuhan Serasan dengan
tujuan Pelabuhan Midai (Kepulauan Natuna / Laut Natuna). Dan setelah
berjalan selama -+6 jam di perairan natuna , tiba tiba kapal mengalami
gangguan mati mesin, lalu terlihat asap hitam dari kamar mesin.
Lalu beberapa awak kapal bagian kamar mesin melakukan pengecekan di
mesin induk kapal dan ditemukan mesin induk kapal cartepilar MAK
mengalami kondisi patah dibeberapa bagian mesin , antara lain yaitu
Pin Conneting Rod Cylinder PATAH , Crankpin Bearing Cylinder PATAH ,
Crankshaft serta bagian pipi engkol Cylinder dengan kondisi retak
parah. Dengan adanya kerusakan ini maka kapal dinyatakan Tidak dapat
meneruskan perjalanan ke tujuan pelabuhan midai dan seterusnya. Saat
ini Posisi kapal masih Dok di galangan kapal Pulau batam dalam rangka
pengantian spareparts mesin kapal.
Berdasarkan survey yang dilakukan dan berita acara kerusakan kapal
ditemukan adanya factor Utama penyebab kerusakan mesin adalah Ketidak
lancarannya Pelumasan mesin kapal , dimana pelumasnya sudah diganti
oleh Varian Salyx yang tidak sesuai dengan Regulations and care
Lubricating oil , sebelumnya kapal ini sudah menggunakan varian
castrol yang sudah ada sejak awal bawaan mesin kapal tersebut ,
yang kemudian pada januari 2018 diganti dengan pelumas lain
yaitu varian salyx yang mengakibatkan kerusakan fatal ditengah
laut , Karena Varian Salyx ini tidak tercantum dalam daftar pelumas
yang digunakan sesuai dengan Regulations and care Lubricating oil (ada
11 varian dalam regulations tersebut [salyx tidak tercantum).
Merupakan hal yang tidak wajar yang di lakukan oleh Jajaran Direksi
Pelni dalam hal penggantian minyak pelumas kapal yang tidak sesuai
regulasi yang sudah ditentukan oleh pabrikan MAK ada apa ??.
Dengan adanya kerusakan kapal ini selama -+ 90 hari telah
mengakibatkan kerugian besar bagi PT Pelni meliputi biaya
pengadaan Spareparts kapal dan jasa pemasangannya, biaya harian
operasioanal kapal, kehilangan pendapatan penumpang dan barang yang
diperkirakan kerugiannya mencapai 50 milyard rupiah, adalah
jumlah yang sangat besar yang tentunya menjadi beban masyarakat karena
kapal ini adalah merupakan asset negara milik rakyat.
Masyarakat penguna pencinta kapal pelni mengharapkan agar kedepannya
kebijakan Direksi PT Pelni dalam melakukan pengantian minyak pelumas
kapal harus sesuai dengan regulasi yang ada , agar kapal kapal Pelni
Tidak mengalami kerusakan yang membahayakan keselamatan
penumpang / nyawa manusia diatas kapal.
Sampai detik ini KM. Logistik Nusantara 4 masih bersandar di pelabuhan
tersebut, dan berapa lama kapal tersebut akan dapat beroperasi kembali
sehingga masyarakat dapat menikmatinya
[edi/Jf].