Ketua MA RI Luncurkan Aplikasi E-BIMA V.1.0

Jakarta Forum - MA. Teknologi digital saat ini berkembang dengan pesat sehingga pada perkembangannya memberi manfaat kepada manusia. Perkembangan teknologi digital khususnya bidang komputer mendorong munculnya software canggih dalam hal pengolahan citra digital. Kecanggihan software tersebut terus berkembang dengan tujuan memberikan pengolahan data berupa citra yang semakin baik sesuai tujuannya. Pengolahan citra digital memang tidak asing lagi dalam komputer terutama yang berkaitan dengan bidang seperti fotografi, film, medis, pencitraan satelit, dan lain-lain. Pengolahan citra digital memiliki berbagai macam jenis bidang sesuai fungsinya.
 
Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H.M. Syarifuddin,.S.H,.M.H meluncurkan aplikasi E-BIMA V.1.0 atau Electronic Budgeting Implementation Monitoring and Accoutability di Hotel Holiday Inn, Jakarta, Senin 11 Oktober 2021.


E-BIMA merupakan suatu system yang dibangaun sebagai sarana bantu untuk melakukan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan negara, keuangan perkara, dan uang titipan pihak ketiga (3), sehingga dapat memudahkan para pimpinan satuan kerja untuk melakukan pengawasan dan monitoring secara akurat dan real time.


Aplikasi E-BIMAV.1.0  ini dimaksudkan untuk membantu mewujudkan tata kelola keuangan yang tranparan dan akuntabel, serta memiliki 3 fungsi sebagai berikut :
 
Mitigasi pelaporan keuangan untuk mengurangi resiko – resiko dalam pelaporan keuangan yang tidak sesuai dengan standar pelaporan.
Menjadi dasar bagi pimpinan satuan kerja dalam mengambil keputusan terkait dengan pengelolaan dan perubahan pagu anggaran.
Sebagai dasar bagi pimpinan dalam menerapkan penilaian kinerja pengelolaan anggaran berbasis reward dan punishment.
Untuk memudahkan pengelolaan, pemantauan, dan pelaporan keuangan, maka E-BIMA V.1.0 telah dibekali dengan enam (6) fitur utama, yaitu : 
Pagu alokasi anggaran yang menyajikan data mutakhir pagu anggran MA dan setiap satuan kerja di empat lingkungan  peradilan.
Realisasi DIPA yang menampilkan data realisasi anggaran secara berkal dan realtime.
Realisasi PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) guna memantau penerimaan dan realisasinya.
Capaian kinerja seluruh satuan kerja dalam pengelolaan anggaran.
Bendahara yang mencakup data pertanggungjawaban UP secara berjenjang.
Keuangan perkara yang memuat menu terkait kondisi rekapitulasi keuangan perkara.

Aplikasi E-BIMA merupakan hasil karya putra putrid terbaik Mahkamah Agung yang di bentuk berdasarkan surat keputusan (SK) sekretaris MA RI Nomor : 264/SEK/SK/III/2021 tertanggal 29 Maret 2021. 
Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi sandaran untuk terus mampu mempertahankan predikat OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) RI, karena bagaimanapun kepercayaan public terhadap lembaga peradilan adalah tanggungjawab bersama, sehingga dengan hadirnya aplikasi E-BIMA V.1.0 diharapkan akan mampu mendorong peningkatan kepercayaan public kepada Mahkamah Agung RI dan badan peradilan di bawahnya.

Aplikasi E-BIMA V.1.0 ini dibina langsung oleh Ketua MA RI  Prof. Dr. H.M. Syarifuddin,.S.H,.M.H, wakil ketua MA RI Bidang Non Yudisial, Dr. Sunarto,.S.H,.M.H, Sekretaris MA RI Dr. H. Hasbi Hasan,.S.H,.M.H, dan kepala Biro Keuangan MA RI H. Sahwan,. S.H,.M.H. Acara peluncuran E-BIMA V.1.0 bisa disaksikan secara langsung pada kanal youtube Mahkamah Agung Republik Indonesia [edi/Jf].

Related

Teknologi 1484369654813941947
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item