Bencana Longsor Masih Hantui Masyarakat

Jakarta ForumBencana Longsor Masih Hantui Masyarakat

Narasi : Lira Asmaul Aulia
Universitas Muhammadiyah Mataram


Musibah alam seperti tanah longsor yang kerap melanda saat musim penghujan tiba tentunya sangat menghantui masyarakat, terutama masyarakat  yang tinggal di lokasi pegunungan.

Negara Indonesia sendiri merupakan negara yang dikenal  agraris serta  memiliki Daratan yang tinggi, alam pegunungan, lembah dan danau yang sangat luas. Tidak dapat dipungkiri pula, musibah tanah longsor sudah menjadi serangkain bencana tahunan di negeri tercinta ini.  Musibah tanah longsor kerap terjadi di beberapa daerah seperti Jawa Barat, Kalimantan, Sumatera dan beberapa daerah lainnya. Hasil opsi menilai, ada beberapa daerah yang terdampak longsor dan beberapa daerah yang kemungkinan akan terjadi longsor. Sejauh ini sudah ada sekitar 32 % daerah yang terdampak longsor, survei pun masih terus dilakukan di beberapa daerah untuk mengetahui dampak longsor. 

Musibah tanah longsor sendiri terjadi dikarenakan beberapa faktor seperti, kadar tanah yang semakin menipis, hujan yang terus menerus dengan intensitas tinggi, penebangan hutan secara liar hingga tidak ada yang dapat menahan air hujan dan pada akhirnya terjadilah longsor. Para ahli pun memperkirakan, tanah longsor akan terus terjadi di beberapa daerah dataran tinggi disebabkan penebangan hutan untuk dijadikan pemukiman. 

Bencana tanah longsor pun bukan hanya satu kali terjadi di suatu daerah, musibah tersebut kerap terulang hingga membuat masyarakat kuatir dengan musibah tersebut. Musibah tanah longsor bukan hanya memakan korban yang tidak sedikit, musibah ini juga mengakibatkan putusnya akses ke beberapa desa dan juga kota. Longsor juga mengakibatkan masyarakat yang tertimpa bencana menjadi terisolasi akibat sulitnya akses dan sarana yang ada. 

Menurut pandangan saya,  harus ada Sosialisasi dari pemerintah mengenai bahaya longsor. Serta adanya kesadaran dari masyarakat untuk tidak melakukan penebangan dan mengundulkan hutan secara liar .(Ap)

Related

Peristiwa 9206290465035059141
jasa-ekspedisi
Ajang Berita

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item